POLA KOMUNIKASI PT.TELKOM DALAM MENSOSIALISASIKAN PROGRAM INDIHOME DI KECAMATAN MALINGPING
Afdi Maulfianti, M.IKom., Ifat Hanifah, SH., MH

Abstrak
Perkembangan teknologi informasi membawa perubahan dalam cara berkomunikasi. Prahalad dan Ramaswamy dalam Kartajaya (2010 hal12) berpendapat bahwa peran konsumen telah berubah. Hal ini ditunjukkan dengan pegreseran dalam peran konsumen dari terisolasi menjadi saling terhubung dimana dalam mengambil keputusan mereka cukup mendapat informasi. Kemunculan internet berbasis social media (media sosial) membawa perubahan baru bagi masyarakat dalam berkomunikasi. Social media membuat seorang berkomunikasi dengan ratusan bahkan ribuan lain. Kotler (2010 hal 7) mengklasifikasikan media sosial yang ekpresif meliputi Blog, Twitter, Flickr, You Tube, Facebook dan situs jejaring sosial lainnya dan kolaboratif seperti Wikipedia, Rotten Tomatoes, dan Craigslist. Sosial Networking merupakan sebuah komunitas atau wadah sebagai tempat berkumpulnya individu-individu untuk membuat sebuah group untuk membangun hubungan yang baik.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pola komunikasi PT Telkom terhadap sosialisasi product barunya dan penulis ingin mengetahui lebih dalam lagi dan secara langsung mengamati bagaimana “Pola Komunikasi PT. TELKOM dalam mensosialisasikan program Indihome di Kecamatan Malingping.
Pola Komunikasi merupakan suatu proses pertukaran informasi antar individu melalui simbol-simbol, sinyal-sinyal maupun perilaku, pola hubungan dua arah antara PT.Telkom Unit Malingping dengan masyarakat pengguna Indihome telah berjalan meskipun belum optimal, hal itu terlihat dari beberapa informan yang menyebutkan telah menerima dan memahami dari pola komunikasi yang ada, dalam pola komunikasi terdapat tiga pola dimana masyarakat dapat melihat proses komunikasi yang telah dibuat oleh PT.Telkom yaitu secara verbal berbentuk iklan dan Reklame, pola yang kedua dengan adanya interaksi antara kasir PT.Telkom dengan para pelanggan pengguna atau penyedia kios Warnet, sedangkan pola yang ketiga hambatan yang ditemui dalam pola komunikasi disini adalah masih minimnya pengetahuan masyarakat terhadap program Indihome sehingga mereka enggan melakukan atau memakai product ini disebabkan telah memakai praduct lama yang bernama Speedy.

Kata Kunci : Pola komunikasi, Sosialisasi



© 2014 copyright | Design & Programming by ICT UNMA BANTEN